Jumat, 25 Oktober 2013

Sejarah International Business Machine (IBM)

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat boleh dikata menjelma menjadi negara administrasi. Tenaga kerja pertanian berbondong diboyong ke kota-kota besar. Ruang-ruang kantor diisi deretan meja dan tabulator (mesin hitung mekanik). Para pegawai disibukan pekerjaan administrasi seperti menghitung gaji dan tagihan.
Waktu itu, data identik dengan punch card atau kartu penyimpan data hasil olahan tabulator. Dalam masa pertumbuhan ekonomi yang demikian cepat, perusahaan asuransi, penerbit majalah, dan periset pasar menyusun daftar pelanggan di seluruh negeri dan menghasilkan lautan punch card.
Waktu itu, berkat pemahamannya akan bisnis mesin perkantoran dan [terutama] keahlian pemasarannya, International Business Machines (IBM) berhasil memonopoli pasar tabulator. Thomas Watson Sr., presiden direkturnya, menjadi eksekutif AS tersukses dan dijuluki Raja Punch Card.
Di perusahaan yang konservatif itu, nilai feodal masih melekat. Maka, tak seorang pun protes ketika Watson Sr. menyiapkan anaknya, Thomas Watson Jr., sebagai pengganti. 

IBM 650 tahun 1954
            Pada 1949, Watson Jr. mendengar pelanggan setia IBM, raksasa majalah Time-Life, berencana mengganti mesin IBM dengan Universal Automatic Computer (UNIVAC), komputer besar buatan perusahaan Remington Rand hasil rancangan Eckert-Mauchly (baca: “Asal Mula: Kemalangan Atanasoff”). Waktu itu, UNIVAC bisa menyimpan data dalam gulungan pita magnetik sehingga menghemat tempat. Watson Jr. mencium marabahaya. Ia pun mengumpulkan para insinyur IBM dan memerintahkan penciptaan sebuah mesin yang dapat bersaing dengan UNIVAC.
            Belum sampai UNIVAC I mencapai keberhasilannya, IBM membuat keputusan dan berkomitmen untuk membangun dan memasarkan komputer. Komputer IBM pertama yang dipasarkan di pasar komputer komersial adalah IBM 701 pada tahun 1953. Komputer IBM 701 tersebut masih menggunakan transistor tabung kedap udara untuk memorinya, namun sudah menggunakan magnetic drum storage untuk menyimpan informasi.
Seri 701 sudah dilengkapi dengan fungsi binary (data coding), fixed point, dan juga single address hardware. Kecepatannya masih terbatas karena memorinya juga masih minim.
IBM 701 ini hanya dibuat sebanyak 19 buah saja. Tidak diperjualbelikan, tetapi bisa disewa dengan biaya US$ 15.000 per bulannya pada saat itu. Penggunanya kebanyakan badan-badan pemerintah dan militer.
Perkembangan lebih lanjut dari 701 adalah merintis bahasa pemrograman yang dibuat oleh IBM, yaitu FORTRAN. Namun demikian IBM 650 yang diperkenalkan pada tahun 1954 barangkali merupakan produk yang membuat IBM menikmati pangsa pasar komputer yang sehat saat ini. Tidak seperti beberapa pesaingnya. IBM 650 di rancang sebagai peningkatan logika bagi mesin kartu berlubang yang masih ada. Manajemen IBM semakin bertambah kuat dan memperkirakan penjualan sebesar 50 unit, angka yang jauh lebih besar dari jumlah komputer yang dipandang di AS pada waktu itu.

IBM Tahun 1956
            Tahun 1956, IBM merilis super komputer pertama di dunia dan mesin pertama yang menyatukan beragam hardware dalam pengoperasiannya, yaitu IBM 704. Pada tahun 1957, IBM memamerkan teknologi terbarunya, IBM 305 RAMAC (Random Access Method of Accounting and Control) yang menjadi komputer pertama yang menggunakan harddrive untuk penyimpanan datanya.

IBM Sistem 360 tahun 1964
            Generasi ke 3 dari komputer dimulai dengan penggunaan Integrated Circuit (IC)/Sirkuit Terpadu yang ditemukan oleh Jack Kilby. Pada pengembangan selanjutnya, komponen komponen dimasukkan kedalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Komputer generasi ini lebih cepat, irit listrik dan lebih kecil serta kemampuan memori yang besar. Juga dapat digunakanuntuk multi procssing dan multi programming.
            Salah satu peristiwa yang bagi beberapa penulis sejarah komputer dianggap paling penting dalam sejarah komputer adalah saat diumumkannya Komputer Sistem 360 oleh IBM pada tanggal 7 April 1964. Sistem 360 jalur dipergunakan dalam komputer generasi ketiga (1964-1971). Sirkuit terpadu menjalankan pengoperasian komputer generasi ketiga seperti transistor menjalankan komputer generasi kedua. Business Week yang melaporkan pengumuman IBM berkenaan dengan sistem 360 jalurnya, menulis "Di dalam cerita dari tahun ketahun tentang perubahan-perubahan besar produk, perubahan ini seperti Fordberalih dari model T ke Model A." Sistem 360 dan komputer-komputer generasi ketiga dari pabrikan lain membuat seluruh komputer yang dibangun sebelumnya menjadi usang.

IBM tahun 1973
            Setelah merilis seri 700, IBM membuat 650 EDPM, sebuah komputer yang bisa kompatibel dengan seri kalkulator 600. IBM 650 ini adalah komputer pertama IBM yang diproduksi secara massal.
            Dalam perkembangan teknologi komputer, IBM tidak saja menciptakan teknologi-teknologi baru dalam bentuk unit komputer. Beberapa komponen atau periferal komputer nan fenomenal serta dipakai hingga sekarang, juga dirilis oleh IBM.
            Yang paling pertama layak disebut adalah hard disk drive. IBM menciptakan media penyimpanan berupa lempengan logam bermagnet untuk pertama kalinya untuk komputer RAMAC. Teknologi ini kemudian menjadi standar media penyimpanan disk drive hingga kini.
Selanjutnya, IBM menemukan floopy drive, disk penyimpanan data yang terbuat dari plastik berdiameter 8" (sekitar 20,5 cm) berlapis besi oksida magnetik.
IBM mengenalkan unit hard disk pertamanya tahun 1973, IBM 3340 yang lebih dikenal dengan nama Winchester. Teknologi penyimpanan data double density disk surface yang digunakan Winchester, untuk dua dekade setelahnya, menjadi standar di perkomputeran.

PC IBM tahun 1981
            Yang paling fenomenal adalah dirilisnya komputer personal (PC) untuk pengguna rumahan (personal home-use computer), yang lebih dikenal sebagai IBM PC (personal computer) di tahun 1981. IBM PC ini akhirnya menjadi kiblat perangkat komputer personal yang banyak digunakan hingga sekarang.
            Dulu sering terdengar istilah "IBM-compatible PC". Tentu ini maksudnya adalah komputer personal yang kompatibel denagn IBM.
Setelah dirilis pada awal 1980-an, model komputer personal IBM PC mendunia. Akhirnya, banyak produk PC yang berkiblat mengikuti model ini, dan biasanya disebut "IBM-compatible PC". Selanjutnya istilah ini menyusut menjadi "PC" saja. Mungkin komputer yang Anda gunakan untuk membaca artikel ini termasuk salah satunya.
            Ide IBM PC ini muncul pada Juli 1980, saat perwakilan IBM bertemu pertama kalinya dengan Bill Gates dari Microsoft. Mereka membicarakan sistem operasi komputer personal yang baru.
            Selanjutnya, IBM memberi kode untuk rencana komputer baru dengan nama "Acorn". Dua belas teknisi direkrut untuk merakit komputer tersebut di Boca Raton, Florida, Amerika Serikat. Saat dirilis 12 Agustus 1981, nama Acorn diganti dengan IBM PC. Komputer personal pertama ini berjalan dengan mikroprosesor Intel 8088 berkecepatan 4,77MHz. Memorinya 16KB dan bisa ditingkatkan hingga 256KB, dan dilengkapi dengan 160KB floopy disk drive serta monitor berwarna (optional). Harganya saat itu dipatok pada US$ 1.565.
            Yang membuat beda IBM PC dengan komputer IBM sebelumnya adalah komputer personal ini merupakan yang pertama dibangun dengan komponen-komponen yang terpisah dan fleksibel, dengan sistem arsitektur terbuka (open architecture).
            Untuk prosesornya, IBM memilih Intel karena IBM waktu itu punya hak membuat sendiri Intel Chips. Dengan sistem arsitektur yang terbuka dan fleksibel itulah, kini komputer personal mengadaptasi model tersebut dan menyabutnya sebagai PC.

Nama IBM tidak akan pernah lepas dari runutan sejarah dalam perkembangan komputer. Teknologi komputer banyak lahir dari peran pentingnya menciptakan beragam inovasi-inovasi baru. Perusahaan komputer yang berbasis di New York, Amerika Serikat ini punya andil membentuk model komputer yang sekarang kita pakai

sumber: http://woonder-treasure.blogspot.com/2012/08/sejarah-perkembangan-komputer-ibm.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar